(021) 877-17625

JL.HAJI HASAN NO 8A CIJANTUNG III, JAKARTA TIMUR, INDONESIA 13780

Faqs

DASAR

Q : Apakah Citra ?

A : Citra adalah gambaran yang terekam oleh perangkat sensor. Tingkat ketelitian citra dinyatakan dengan resolusi spatial, semakin kecil resolusi spatial akan memuat gambar yang lebih detil.

Q : Apakah Peta ?

A : Peta adalah gambar yang di buat untuk mempresentasikan hasil pengukuran dan atau interpretasi. Tingkat ketelitian peta dinyatakan dalam skala, semakin besar skala peta (penyebut skala makin kecil) akan memuat informasi yang lebih rinci.

Q : Apakah yang di maksud dengan pengolahan Citra?

A : Pengolahan citra adalah serangkaian proses untuk memperebaiki kualitas geometrik dan visual citra hingga citra siap di petakan, meliputi proses; koreksi geometri, mosaik, kombinasi warna, penggantian awan dengan data lain dan penajaman warna. Hasil pengolahan citra adalah data raster yang disimpan dalam format GeoTiff (.tiff) atau ErMapper Compress Imagery (.ecw).

Q : Bilamana Pengolahan Citra diperlukan ?

A : Pengolahan citra diperlukan apabila citra arsip yang tersedia kurang ideal ( berawan, direkam dengan sudut miring, area terliput arsip dengan beberapa tanggal perekaman ) dan atau customer memerlukan hasil olahan citra dengan kualitas visual yang terbaik dan presisi yang tinggi untuk pemetaan.

Q : Apakah Pengolahan Citra sama dengan Pemetaan ? Lantas apakah yang dimaksud Pemetaan ?

A : Pengolahan citra berbeda dengan Pemetaan, Pemetaan adalah proses pembuatan peta dengan masukan dari citra dan atau pengukuran lapangan. Hasil dari pemetaan adalah peta vektor ( peta garis ) yang disimpan dalam format ESRI ( shape file ) atau Map info (.tab) atau Cad (.dxf).

Q : Bilamana Pemetaan diperlukan?

A : Pemetaan diperlukan apabila customer membutuhkan informasi terkait kwalitas dan kwantitas suatu lahan yang dinyatakan dalam klas penggunaan lahan dan hektar luasannya.

next page