Saturday, 01 November 2014
HOME

Online

PENGUNJUNG

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini13
mod_vvisit_counterKemarin71
Mozaick dan Color Balancing

Area perekaman yang luas (lebih dari 100km2) dengan kondisi atmosfer yang kurang ideal, sering kali satelit merekam citra yang memuat awan atau haze. Masalah ini dapat diatasi dengan mengganti awan tersebut dengan data yang sama namun berbeda tanggal perekaman. Proses ini dinamakan cloud removal dan mozaik. Dalam proses penggabungan tersebut, kualitas geometrik citra harus benar-benar presisi sehingga diperoleh objek yang continue atau "nyambung”. Jalan, sungai dan obyek lainnya tidak boleh terputus pada sambungan citra tersebut.

Agar diperoleh kenampakan warna dan kontras yang seragam dilakukan color balancing. Warna yang populer digunakan dan dapat diterima awam adalah kombinasi true color dan natural color. True color merupakan terminologi yang sering dipakai untuk Kombinasi Landsat 321. Sedangkan natural color sering digunakan pada satelit resolusi tinggi yang mana obyek di muka bumi nampak seperti pada foto udara dengan panjang gelombang tampak atau dalam bahasa popular sering disebut "seindah warna aslinya”. Namun pada aplikasi tertentu misalnya pemetaan vegetasi  dan fasilitas (jalan, pemukiman, area terbangun) akan lebih bermanfaat jika menggunakan panjang gelombang infra merah. Untuk pemetaan vegetasi lebih optimal menggunakan warna "false red”,sedangkan pemetaan fasilitas akan optimal dengan warna "false green”. Combinasi warna tersebut pada Ikonos dan QuickBird dapat diperoleh pada produk "bundle”. Produk ini berisi 4 saluran multispektral dan 1 saluran pankromatik dalam layer yang terpisah.

 

Lihat Detail

 

Lihat Detail

 

Lihat Detail

Contoh Kombinasi Citra Satelit

“true color”

Satelit QuickBird

Contoh Kombinasi Citra Satelit

“false red”

Satelit QuickBird

Contoh Kombinasi Citra Satelit

“false green”

Satelit QuickBird